Sabtu, 05 Mei 2018

Presentase Multimedia dalam Pembelajaran Kimia

https://www.youtube.com/watch?v=ta9gEnSHuJU

Permasalahan:
1. bagaimanakah cara membuat multimedia yang baik ?
2. sebutkan jenis-jenis multimedia !
3. sebutkan format multimedia pembelajaran!
4. menurut pendapat anda, apakah multimedia yang telah saya buat telah baik atau belum ? jelaskan!

5 komentar:

  1. saya akan mencoba menjawab permasalahan ke-2
    1.Multimedia Hiperaktif
    Multimedia jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada. Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh: world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll

    2. Multimedia Interaktif

    Pengguna/ user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality,dll

    3. Multimedia Linear / Squential
    Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna. Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai akhir. Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV

    4. Multimedia presentasi pembelajaran .
    Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft Power Point.

    5. Multimedia pembelajaran mandiri.
    Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

    6. Multimedia kits
    Multimedia kits adalah kumpulan pengajaran ? bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal.
    yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM, slide, kaset, audio, Gambar diam, study cetak ,Transparasi overhead. Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).

    7. HYPERMEDIA
    dokumen berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer.
    contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.

    8. MEDIA INTERAKTIF
    Sistem ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif.
    Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.

    9. VIRTUAL REALITAS
    adalah media yang dapat disulasiakn tempat di dunia nyata
    Keunggulan: untuk digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi umumnya terkait dengan mendalam,sangat visual,3D lingkungan.

    BalasHapus
  2. Baiklah saya akan menjawab permasalahan anda nomer 4

    Menurut saya muktimedia yang anda buat cukup baik dan sederhana.

    1. Mempunyai audio : jelas, rinci dan lengkap
    2. Gambar : dilengkapi dengan gambar berwarna. Tapi saran : sedikit menggunakan animasi agar lebih menarik

    3. Tulisan : tidak terlalu bnyak tulisan dan makna terwakili.

    Menurut saya seperti itu hanya saran menggunkan video lebih baik.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Saya mencoba menjawab permasalahan 3.

    Pada dasarnya dalam menyajikan suatu pembelajaran dengan menggunakan multimedia, terdapat beberapa format yang bisa kita gunakan atau terapkan, yakni:

    1. Tutorial: penyampaian materi, baik itu secara teks, grafik maupun video.

    2. Drill: ntuk melatih para pengguna sehingga mereka bisa mahir dalam mempelajari suatu keterampilan maupun untuk penguasaan sebuah konsep tertentu.

    3. Simulasi: Pembelajaran dikemas dengan format penyampaian yang lebih dinamis dan biasa di aplikasikan di dunia nyata.

    4. Eksperimen: Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan simulasi, tapi eksperimen ini lebih ditujukan untuk kegiatan yang sifatnya percobaan. Misalnya saja latihan praktikum di sebuah laboratorium.

    5. Permainan: Permainan di sini disajikan untuk proses pembelajaran. Dengan begitu diharapkan aktivitas belajar bisa lebih menarik dengan bermain.

    BalasHapus
  5. Saya akan membantu menjawab permasalahan pertama

    Langkah-langkah membuat multimedia yang baik:
    1. TENTUKAN JENIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
    Perhatikan dengan benar, yang akan kita buat itu apakah alat bantu kita untuk mengajar (presentasi) ke siswa atau kita arahkan untuk bisa dibawa pulang siswa alias untuk belajar mandiri di rumah atau sekolah.

    2. TENTUKAN TEMA MATERI AJAR
    Ambil tema bahan ajar yang menurut kita sangat membantu meningkatkan pemahaman ke siswa dan menarik bila kita gunakan multimedia. Ingat bahwa tujuan utama kita membuat multimedia pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa.

    3. SUSUN ALUR CERITA (STORYBOARD)
    Susun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akan disampaikan. Jangan beranggapan bahwa storyboard itu hal yang susah, bahkan point-point saja asalkan bisa memberi desain besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih dari cukup.

    4. GUNAKAN TEKNIK ATM
    Terapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Usahakan sering melihat contoh-contoh yang sudah ada untuk membangkitkan ide.

    BalasHapus