Sabtu, 05 Mei 2018

Presentasi E-Learning dalam Pembelajaran Kimia



Latihan:

1.      Suatu larutan X (non elektrolit) sebanyak 18 gram di larutkan ke dalam 200 gram air mendidih pada suhu 100,26C. Jika Kb air = 0,52C. Tentukan Mr zat X!
2.      Sebanyak 25, 6 gram Naftalena (Mr = 128) dilarutkan dalam 200 gram benzene. (Kb benzene = 2,57C), jika titik didih benzene 80,2C, hitung titik didih larutan!
















Permasalahan: 
1. bagaimanakah cara membuat e-learning dengan baik ? 
2. sebutkan dan jelaskan jenis-jenis e-learning!
3. menurut pendapat anda, apakah e-learning yang saya buat termasuk ke dalam e-learning? coba jelaskan!


3 komentar:

  1. baiklah saya akn menjawab permasalahan anda no 1 : e-learning yang baik adalah e-learnig yang dibuat oleh pendidik yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dan tentunya tidak lepas dari fungsi dan tujuan e-learning itu sendiri , dan tentunya pembelajaran dengan e-learning dapat membantu peserta didik untuk memahami suatu materi pembelajaran dengan baik

    BalasHapus
  2. Saya akan mencoba menjawab permasalahan yang ke-2, Berdasarkan teknologi yang digunakan, elearning dibagi atas basis teknologi yaitu:
    1. Computer Based Training (CBT)
    Era dimana mulai bermunculan aplikasi e-learning yang berjalan dalam PC standalone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi berupa materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (video dan audio) dalam format MOV, MPEG-1 atau AVI. Perusahaan perangkat lunak Asymstrix (sekarang bernama Clickllearn) mengeluarkan tool pengembangan bernama Toolbook sedangkan Macromedia juga mengembangkan perangkat lunak bernama Authorware. Dengan menggunakan tools yang disediakan maka pengguna mempunyai kesempatan untuk mencoba soal-soal latihan tanpa batasan jumlah dan tingkat kesulitannya Namun, pada e-learning dengan konsep ini, komunikasi yang terjadi hanya satu arah.
    2. LMS (Learning Management System)
    Seiring dengan perkembangan teknologi internet di dunia, masyarakat dunia mulai terkoneksi dengan internet. Kebutuhan akan informasi yang cepat diperoleh menjadi mutlak, dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi. Disinilah muncul sebuah Learning Management System atau biasa disingkat dengan LMS. Perkembangan LMS yang semakin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah interoperability antar LMS yang ada dengan suatu standard. Standard yang muncul misalnya adalah standard yang dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Committee), IMS, IEEE LOM, ARIADNE, dsb. Contoh aplikasi ini adalah Atutor. Pada aplikasi ini terdapat fasilitas penulisan materi, upload materi, penugasan, pembuatan bank soal, pengujian dan penilaian serta fasilitas komunikasi antar pengguna yaitu chatting, forum dan blog, dan dapat juga ditambahkan modul menarik lainnya seperti kalender dan photoalbum.
    3. Aplikasi e-learning berbasis web
    Perkembangan LMS menuju ke aplikasi e-learning berbasis Web secara total,baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar mengajarnya. LMS mulai digabungkan dengan situs-situs portal yang pada saat ini boleh dikata menjadi barometer situs-situs informasi, majalah, dan surat kabar dunia. Isi juga semakin kaya dengan berpaduan multimedia, video streaming, serta penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standard, berukuran kecil dan stabil. Contoh aplikasi ini adalah Dokeos. Dokeos merupakan free software yang di release oleh GNU GPL dan pengembangannya didukung oleh dunia internasional. Sistem operasinya bersertifikasi yang bisa digunakan sebagai konten dari sistem managemen untuk pendidikan. Kontennya meliputi distribusi bahan pelajaran, kalender, progres pembelajaran, percakapan melalui text/audio maupun video, administrasi test, dan menyimpan catatan. Tujuan utama dari dokeos adalah menjadi sistem yang userfriendly dan flexibel serta mudah dipakai.

    BalasHapus
  3. Baillah saya akan menjawab permasalahan 3

    Menurut saya yang ada buat inintermasuk e learning karena anda kan mengajar melalui internet atau online dengan cara membuat grup di wa yang mana disini anda menjelaskan melalui sebuah video pembelajaran lalu anda membuka diskusi bagi para siswa responder anda dan anda juga telah melakukan evaluasi dengan cara memberikan tes kepada murid2 anda .

    BalasHapus